JUST COMMENT

Opini tentang Terorisme

Terorisme berasal dari kata terror yaitu sesemacam pekerjaan mengancam atau membuat orang lain merasa takut dan tidak aman. Di Indonesia telah terjadi berkali-kali tindakan terorisme seperti bom Bali, bom di Hotel Marriot, dan banyak lagi , yang semua itu pelakunya adalah orang islam. Mereka menganggap bahwa perbuatan yang mereka lakukan adalah jihad yang wajib dilakukan dan pasti mati syahid lalu masuk surga. Padahal, kitab Al Qur’an tidak pernah menyuruh orang islam untuk melakukan tindakan terror sedemikian rupa.

Jihad yang mereka serukan tidak sesuai dengan jihad yang diperintahkan oleh Allah dan Rasulullah SAW. Rasulullah memang memerintahkan umatnya untuk memerangi orang kafir. Namun bukan kafir dzimmi atau orang kafir yang tidak memerangi orang islam dan meminta perlindungan dalam islam. Juga bukan kafir mu’ahid yang telah melakukan perjanjian dengan orang islam untuk dilindungi dan membayar jizyah.

Sebaliknya, rasulullah memerintahkan umatnya untuk melindungi orang-orang kafir tersebut. Sedangkan orang kafir yang wajib diperangi adalah kafir harbi atau kafir yang memerangi agama islam. Dan kita sebagai orang islam diwajibkan untuk berjihad jika berada secara langsung di daerah tersebut seperti Palestina, Afganistan, Libanon, dan Negara islam yang diperangi lainnya.

Jelas orang yang ditakdirkan masuk surga adalah orang islam yang beriman yang tidak menyakiti orang lain dengan tangannya. Bagaimana mungkin orang yang senang membuat penghancuran dan kekacauan adalah calon penghuni surga? Para teroris itu tidak menyadari bahwa mereka telah melakukan hal buruk yang disinggung dalam Al Qur’an surat Al Kahfi ayat 103-104:

103. Katakanlah: “Apakah akan Kami beritahukan kepadamu tentang orang-orang yang paling merugi perbuatannya?”

104. Yaitu orang-orang yang telah sia-sia perbuatannya dalam kehidupan dunia ini, sedangkan mereka menyangka bahwa mereka berbuat sebaik-baiknya.

Sesuai dengan penjelasan ayat tersebut, mereka telah melakukan tindakan yang sia-sia dan menyangka bahwa itu adalah perbuatan yang terbaik dan bersusah payah hingga mengorbankan nyawa untuk agama islam padahal justru islam menolak bahkan mengutuk perbuatan itu. Karena itulah mereka adalah orang-orang yang merugi.

Bahkan ada juga hadis yang diriwayatkan oleh Imam Bukhori yang mengatakan”barang siapa yang membunuh seorang kafir yang terikat perjanjian dengan kaum muslimin atau pemerintahannya maka ia tidak akan mencium bau surga”.

Para teroris dengan sukses telah membuat namaislam terinjak-injak. Karena perbuatan mereka, banyak lapisan masyarakat dunia yang mengklaim bahwa agama islam adalah agama teroris. Padahal banyak dari umat islam sendiri yang mengutuk perbuatan tersebut. Dan jika difikir lagi ke depan, bagaimana kita bisa berdakwah dan bersosialisasi dengan mereka yang belum mendapatkan hidayah, jika belum-belum mereka sudah menilai buruk pada agama islam? Orang islam menjadi lebih kesulitan untuk mendekati target dakwahnya. Mereka cenderung berfikir bahwa agama islam adalah agama radikal yang pasti berusaha menyingkirkan semua yang tidak sejalan dengannya. Padahal agama islam adalah pembawa kedamaian . Arti islam sendiri adalah selamat, damai. Dan dengan mudahnya mereka menodai indahnya makna dari islam tersebut.

Malang, 30 Maret 2010.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s