TAFSIR SURAT AL FATIHAH

Tafsir Surat Al Fatihah

Kitab : Shofwah At Tafsir

Surat ini disebut dengan “Al Fatiha” karena sebagai surat pembuka dalam Al Qur’an sesuai dengan letaknya di awal urutan Al Qur’an namun bukan urutan turunnya. Secara garis besar dalam surat ini terdapat pokok-pokok pelajaran yang terkandung dalam Al Qur’an. Hal tersebut mencakup dasar-dasar agama beserta cabang-cabangnya, akidah, ibadah, syariat, iman kepada hari akhir, iman kepada sifat-sifat Allah yang agung dan lain sebagainya.

Surat ini disebut juga dengan ‘Ummul Qur’an”. Dalam sabda Rasulullah, “ والذي نفسي بيده ما أُنزل في التوراة ولا في الإنجيل ولا في الزبور ولا في الفرقان مثلها، وهي السبع المثاني والقرآن العظيمُ الذي أوتيتهُ

dalam ayat tersebut kata السبع المثاني adalah sebutan lain untuk surat Al Fatihah.

Tafsir Surat Al Fatihah

الحمد: pujian yang indah bertujuan untuk mengagungkan dan memuliakan serta untuk menunjukkan rasa syukur.

الله : sebutan atau nama untuk dzat yang suci dan tidak ada sekutu bagiNya. Nama tersebut merupakan perwujudan kebenaran dan perkumpulan dari sifat-sifat ketuhanan.

الرّبّ : memiliki banyak arti yaitu raja atau pemilik, dzat yang disembah, dan tuan yang ditaati.

العالمين : mencakup manusia, jin, dan syetan.

الرحمن الرحيم: keduanya diambil dari kata “rohmah” yang berarti kasih sayang. Namun perbedaannya adalah الرحمنberarti kasih sayang yang agung dan diberikan kepada orang kafir dan mukmin sedangkan الرحيمberarti kasih sayang yang kekal dan diberikan untuk orang mukmin saja.

الدين : pembalasan

المالك : Allah adalah raja di hari pembalasan dan perhitungan amal.

إيّاك نعبد وإيّاك نستعين : kita mengkhususkan Allah dalam beribadah dan meminta pertolongan. Kami tidak akan menyembah selain kepadaMu dan tidak ada seorangpun yang mampu menolong kami selain Engkau.

اهدنا الصراط المستقيم

الصراط : tunjukkan pada kami jalan yang lurus. Tunjukkanlah pada kami jalan yang benar dan pada agamaMu serta tetapkanlah kami padanya dan jadikan kami bagian dari orang yang berjalan di jalan yang benar.

صراط الّذين أنعمت عليهم: jalan yang dilalui oleh orang –orang yang Kau limpahi mereka dengan kemulyaan dan kenikmatan yaitu para Nabi, syuhada, dan orang-orang yang salih

غير المغضوب عليهم ولا الضآلين: dan jangan jadikan kami sebagian dari golongan musuh-musuhMu yang terhindar dari jalan yang benar. Yaitu orang-orang yahudi yang Engkau benci dan orang-orang nasrani yang tersesat. Yaitu orang-orang yang tidak menjalankan syariatMu.

آمين : maka kabulkanlah doaku

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s